Pembuatan Kebun Toga di Desa Wowa Tamboli Oleh KKN USN Kolaka Terlaksana Dengan Baik

Tanpak Gambar Bersama KKN USN Kolaka Usai Menggelar Kegiatan Pembuatan Kebun Toga (Foto Red)

KOLAKA, MNN.COM — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka angkatan XI Tahun 2024 yang berlokasi di Desa Wowa Tamboli, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka telah rampung membuat kebun TOGA (Tanaman Obat Keluarga) pada Rabu, (17/9/24).

Salah satu program kerja unggulan mahasiswa KKN adalah membuat TOGA (Tanaman Obat Keluarga) bagi masyarakat sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat di Desa Wowa Tamboli Kecamatan Samaturu.

Pembuatan Kebun TOGA ini berdasarkan hasil observasi langsung mahasiswa KKN USK Kolaka terhadap potensi Desa Wowa Tamboli. Observasi dilaksanakan di awal minggu pertama mahasiswa KKN USN Kolaka berada di Desa tersebut.

Ketersediaan lahan dan kesuburan tanah dipantau dengan melihat terbentangnya sawah-sawah masyarakat dan rumah masyarakat yang rata-rata memiliki lahan kosong di Desa Wowa Tamboli. Rizki Kumalasari Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menjelaskan, bahwa untuk kegiatan TOGA dapat bermanfaat bagi masyarakat dan berdaya guna dalam menjaga kesehatan masyarakat dimasa ke depan.

Baca Juga:  KKN Mahasiswa USN Kolaka Sukses Menggelar Rapat Senimar Proker di Desa Wowa Tamboli

Rizki Kumalasari juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut menjadi program unggulan mahasiswa KKN yang nantinya akan menghasilkan pubikasi ilmiah berupa jurnal pengabdian kepada masyarakat berbasis SINTA. 

Koordinator Desa Muhammad Arwan Afandi menjelaskan bahwa kegiatan ini  bertujuan untuk digunakan sebagai alternatif pengobatan yang mudah diakses bagi masyarakat di Desa Wowa Tamboli. Selain itu, dengan adanya TOGA dapat meningkatkan ketahanan pangan dan kelestarian lingkungan bagi masyarakat. 

Kepala Desa Wowa Tamboli, Bapak Supriadi  menyambut  baik kegiatan ini beliau mengatakan bahwa benar tanaman obat keluarga (TOGA) sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Wowa Tamboli.  

Melalui kolaborasi yang baik dengan Mahasiswa KKN dan masyarakat setempat diharapkan TOGA ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat. 

Baca Juga:  Dr. Azhari Rektor USN Kolaka Lantik 44 Orang Dosen Menjadi Asisten Ahli

Dalam pelaksanaan program kerja mahasiswa KKN di Desa Wowa Tamboli  menanam berbagai jenis tanaman obat seperti Serai, Lengkuas, Jahe, Kunyit, Sambiloto, Pecah Beling dan tanaman obat lainnya. 

Pembuatan TOGA diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait berbagai jenis tanaman obat yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan. 

Program TOGA  ini merupakan salah satu dari sekian banyak program yang diusung oleh mahasiswaa KKN USN Kolaka dalam rangka memberdayakan masyarakat Desa Wowa Tamboli selama masa KKN. (*)

Pos terkait